Pages

Selasa, 22 November 2011

Pengertian Organisasi menurut Elton Mayo

Elton Mayo telah juga mengambarkan sejumlah penelitian mengenai keletihan dan sifat yang menjenuhkan yang dilakukannyasebelum tahun 1925-an. Hingga awal gerakan hubungan yang manusiawi ( teorineo Klasik) sering kali diindentifikasikan sebagai eksperimennya Hawthorne,yang diselenggarakan sejak tahun 1924 hingga 1932. Meskipun asal usulnya dapatdiikuti secara lebih lanjut, eksperimen Hawthorne niscaya gerakan itumemperoleh bentuknya secara jelas. Eksperimen dan hasilnya telah dikemukakansecara terperinci oleh F.J Roethlesberger dan William j.

Dickson. Elton Mayo
Menurut saya , Munsterberg melihat sisi lain yang mendukung efisiensi pekerja dalam membangun. Ini mengartikan bahwa suatu organisasi di bangun denganmelihat beberapa hal yang masing masing hal terbuka dengan hal hal lain yangmempengaruhi kinerja seseorang selain factor teknis dalam teori klasik .
 barangkali terpengaruh terutama pada suatu pengertian ilmuan dan secara efektif mengembangkan gerakan itu lebih dari segala sesuatunya.Atas usaha National Research Council (Lembaga Riset Nasioanal) eksperimendimulai tahun 1924 di dlaam perbengkelan Hawthorne dari Western ElectricCompany di Cicero,Illiois dekat Chicago. Tujuan dari sekumpulan ekspermenyang pertama, yang dilanjutkan untuk selama tiga tahun,yaitu untuk menentukandampak dari tingkatan yang berbeda untuk memberikan penjelasan bagikeproduktifan para pekerja. Begitu penjelasan yang ditingkatkan dalam kelompok yang teruji, maka produktivitaspun jadi meningkat. Bagaimanapun produktivitasmeningkat juga dalam kelompok yang terkontrol, yang tidak menerima ataumendapatkan penjelasan tambahan ini.
Para peneliti dibaurkan secara sempurna pada hasil hasil ini, dan staf Western electric memutuskan untuk melangsungkan penelitiannya lebih lanjut sesuai dengan wewenangnya untuk menentukan pertanggungjawabannya terhadap faktor faktor yang misterius bagi peningkatan produktivitas.Akhirnya peneliti menyimpulkan hubungn sosial antara operator, para peneliti dandan para supervisor adalah lebih penting dalam menentukan produktivitasketimbang mengadakan beberapa perubahan dalam kondisi kerja. Jadi, pare peneliti Hawthorne menyimpulkan bahwa perasaan pekerja terhadap dirinya dankelompok kerjannya. Eksperimen Hawthorne memperlihatkan bahwa orang orangsebagi individu juga mungkin demikian penting bagi produktivitas danmementingkan juga pula waktu waktu istirahat, kondisi jasmani, dalammelakukan tugasnya atau bahkan keuangan.Menurut saya , ekperimen Hawthorne menggambarkan ada hal hal lain yangmendukung terciptanya efisiensi. Artinya para peneliti memperhatikan organisa-si sebagai suatu system saling terkait dengan system lainnya agar eksistensinya berlanjut. Peneliti juga melihat manusia dalam memenuhi kebutuhannya jugamemperhatikan factor factor lain, termasuk aturan teknis yang menciptakan mereka nyaman.




Elton mayo ( 1880 – 1949 )
(Penelitian di Western Electric di Hawthorne , Illinois)

·         Sekelompok pekerja wanita dipilih untuk menjadi kelompok testing dengan diberikan kombinasi dan variasi (kenaikan-penurunan) upah, jam kerja, waktu istirahat, kesempatan memberikan saran-saran perubahan , perhatian supervisor, serta interaksi satu sama lain.
·         Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku kelompok seperti tekanan, penerimaan, dan standar yang ditetapkan sangat mempengaruhi perilaku kerja individual.
·         Para karyawan yang memiliki kebanggaan kelompok terdorong untuk meningkatkan prestasi dan produktivitas kerjanya.
·         Perhatian dari pimpinan memperkuat motivasi kerja.
·         Insentif financial kurang mempengaruhi produktivitas kerja.

Hasil penelitian Elton Mayo yang lain juga didapat :
·         Kelompok kerja informal dan lingkungan social karyawan memberikan pengaruh besar terhadap produktivitas kerjanya.
·         Mayo dkk menyimpulkan bahwa manajemen harus memahami kebutuhan karyawan akan pengakuan social, kepuasan kerja , dan harga diri. Dengan kata lain, karyawan ingin diakui keberadaan dan peranannya dalam organisasi.
·         Konsep Mayo mengenai karyawan sebagai makhluk social yang didorong oleh kebutuhan social menggantikan konsep makhluk rasional yang didorong kebutuhan ekonomi pribadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar