Pages

Sabtu, 19 April 2014

Vclass Pengelolaan Proyek : Open Source

Pertanyaan :
Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ? Buatlah keuntungan dan kerugiannya!

Jawab:
Aplikasi open source adalah program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya. Sehingga jika para pembuat aplikasi dapat mempelajari, mendistribusikan ulang, dan mengubah perangkat lunak tersebut, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Inilah yang disebut masyarakat mengembangkannya, mengaplikasikannya, dan memperbaiki kelemahannya. (http://filmpelajar.com/tutorial/apa-itu-open-source)

Mengapa harus Open Source?
Sebenarnya penggunaan software open source merupakan pilihan bagi user karena setiap user memiliki kebutuhan yang berbeda ketika menggunakan suatu perangkat lunak. Sebagai contoh, untuk aplikasi video editing dalam OS Windows yang kita pakai sudah tersedia Windows Movie Maker.
Perangkat lunak Video editing termasuk open source dan user tidak perlu mengeluarkan dana untuk menggunakannya tanpa khawatir ditanya lisensi terhadap software tersebut. Jika dibandingkan dengan kita menggunakan software video editing Adobe Premiere (sebagai contoh) jika kita tidak membeli lisensi dari software tersebut kita hanya dapat menggunakan software tersebut selama masa trial biasanya selama 30 hari.
Namun kekurangannya adalah software open source dalam hal ini windows movie maker tidak memiliki fitur yang lengkap seperti adobe premiere. Penggunaan software open source sendiri akan menjadi ganjalan ketika seorang professional menggunakannya karena biasanya setiap membuat sebuah proyek klien akan meminta software asli dibandingkan penggunaan software open source .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar