Pages

Rabu, 09 Maret 2011

Contoh hubungan sistem informasi dengan budaya

PENDAHULUAN

       Globalisasi pada hakikatnya ternyata telah membawa nuansa budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup masyarakat.
Sistem adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

INFORMASI
       Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang. Di era globalisasi ini, cara untuk menyampaikn suatu informasi bisa dilakukan melaui berbagai media elektronik secara online. Untuk melakukan pencarian suatu informasi dapat dicari dengan mudah dan cepat saat ini.
Dengan sistem masuknya informasi ke Indonesia yang begitu mudah, maka saat ini kita dapat memastikan bahwa jangkauan informasi antar tiap negara sudah semakin dekat, dan juga setiap negara bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi baru tiap detiknya. Sebagai contoh pemberitaan tentang keinginan masyarakat Libya akan revolusi di negaranya sudah semakin mudah dan semakin sering kita jumpai.
Salah satu contohnya adalah masuknya budaya asing yang secara tidak langsung mempengaruhi budaya Indonesia. Mengapa banyak orang yang lebih menyukai nonton film luar dibandingkan dengan kita menonton film Indonesia sendiri? Mengapa banyak orang yang lebih menikmati music internasional di bandingkan music-musik dalam negeri? Hal yang paling awal dari semua itu adalah bagaimana masyarakat kita tahu ada film-film luar negeri yang sedang di putar? Atau bagaimana masyarakat tahu tentang music-musik terbaru yang sedang diputar di luar negeri? Tentunya semua itu terjadi karena adanya perkembangan informasi.
Banyak dampak yang terjadi dari perkembangan informasi yang semakin maju didukung canggihnya teknologi dunia saat ini. Informasi dapat dikases di manapun dan kapanpun, baik saat kita berada ditempat – tempat umum, ketika kita sedang menunggu kendaraan umum, hanya dengan menggunakan handphone, dunia sudah seperti berada di genggaman kita.

Dampak positif yang dapat kita rasakan dengan majunya teknologi informasi seperti:
  • Kita dapat dengan mudah mencari tahu apa yang terjadi pada Negara lain setiap saat
  •  Menambah ilmu pengetahuan berbagai bidang, sehingga kita tidak tertinggal dari Negara lain yang sudah maju
  • Dapat saling berhubungan dan bertukar informasi dengan orang lain yang berada di Negara lain untuk mendapatkan apa yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Berbicara tentang perkembangan informasi, tentu kita tidak bias lepas dari dampak negatif dari perkembangan informasi yang terjadi. Seperti :

  • Adanya perubahan sikap masyarakat Indonesia akan kecintaanya terhadap produk-produk luar negeri, dibandingkan produk dalam negeri. Seperti : pakaian, makanan, minat hiburan, dan sebagainya.
  • Adanya perubahan sikap anak muda jaman sekarang yang terkesan kurang menghormati terhadap orang yang lebih tua. Di luar negeri dengan seorang anak memanggil orang yang lebih dewasa dengan menyebut nama tanpa di awali dengan “bapak”, atau “ibu” merupakan hal yang wajar dan sering dilakukan , tetapi tidak di Indonesia, hal itu di anggap “kurang ajar” karena sama saja dengan mereka menganggap orang yang lebih tua sebagai teman sebaya.
  • Adanya perubahan sikap sosial masyarakat yang terkesan lebih individual, padahal Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki sikap ber “Gotong royong”


4.      Banyak pola perilaku anak muda yang saat ini mengenal kata “seks bebas” perlahan tapi pasti tipe pergaulan anak muda di Indonesia setiap hari semakin “meresahkan”. Bagaimana tidak, kita dapat menemukan anak-anak seumuran 8 sampai 12 tahun berada di warnet dan menghabiskan waktu setidaknya 7-10 jam untuk membuka situs-situs yang tidak seharusnya diketahui untuk ukuran umur mereka. Bahkan kita banyak menemukan kasus-kasus asusila yang sebabkan oleh anak umur segitu.

Lantas bagaimana system ataupun proses masuknya sebuah informasi kedalam suatu Negara? Banyak sistem ataupun cara bagaimana sebuah informasi dapat masuk secara tepat setiap saat kedalam suatu Negara, seperti :
  • Melalui internet. Hampir setiap waktu, saat ini orang dapat dengan mudah mengakses internet yang cepat , melalui handphone, laptop yang setiap saat dapat dibawa kemana pun hanya dengan menyambungkannya dengan sebuah modem dan sebagainya.
  •  Melalui surat kabar ataupun majalah. Saat ini mungkin kita dapat menemukan majalah-majalah luar negeri dimanapun, toko-toko buku tang ada di pusat perbelanjaan, atau kios-kios majalah di pinggir jalan. Dalam majalah tersebut banyak hal yang bias kita temui, seperti informasi tentang news update kehidupan politik sebuah negara sampai berita terbaru artis-artis luar negeri yang kita sukai.


3.      Pengaruh positif dari informasi yang berkembang di dunia bagi budaya yaitu pengetahuan budaya. Indonesia yang belakangan ini budayanya yang dimiliki sering diakui atau diklaim oleh negara lain kini seluruh dunia dapat melihat dan mengenal bagaimana kebudayaan di Indonesia, sehingga seluruh dunia dapat tau bagaimana isi di setiap masing-masing negara, sebenarnya selain memamerkan bdayanya, Indonesia juga harus memberikan hak paten terhadap budaya-budayanya agar tidak di curi lagi oleh negara lain kalau Indonesia sudah mengukuhkannya. Jadi mudah-mudahan tidak akan ada lagi pengakuan dari Negara-negara lain terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

4.      Kehidupan sosial masyarakat juga ikut berdampak akibat perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong-royong dari masyarakat, individualisme terlihat pada masyarakat kota. Hubungan sosial yang terjalin di masyarakat kita bisa hanya dengan menggunakan via hand phone atau via email. Memang cara seperti itu praktis, cepat dan mudah. Tapi tanpa sadar mereka tidak dapat bersilaturahmi secara langsung.
     
     sumber :
     saya sendiri
http://adityayogaprasetya.blogspot.com/2010/02/hubungan-sistem-informasi-dan-ilmu.html


s



Tidak ada komentar:

Posting Komentar