Pages

Jumat, 12 Oktober 2012

Solusi Alternatif Meminimalisasikan Tawuran Antar Pelajar

Gambar 1.1 
Masa-masa sekolah adalah masa yang paling rentan untuk seseorang mengenal sesuatu yang baru. Ada banyak hal baru yang masuk ke kehidupan pelajar pada saat ini. Pergaulan yang ada pun menjadi salah satu factor penentu bagi terbentuknya suatu pribadi. Saat ini ada begitu banyak perkelahian yang terjadi antarpelajar, salah satu penyebabnya pun terjadi bukan karena suatu hal yang besar. Saling ejek antar pelajar menjadi salah satu factor yang paling banyak memicu terjadinya perkelahian antarpelajar. Jika sudah terjadi hal seperti ini, lingkungan sekitar menjadi sangat berperan penting dalam meredam aksi para pelajar ini. Keluarga, berperan penting dalam membina seorang pelajar untuk  mengenal dirinya menjadi lebih baik.

Orang Tua
Orang tua seharusnya memiliki pengawasan yang lebih kepada anaknya, seperti memonitor pergaulan sang anak. Bukan berarti orang tua mnegekang anaknya untuk tidak bergaul dengan siapapun yang mereka mau, hanya seharusnya orang tua tahu dengan siapa anaknya bergaul dan apa saja yang mereka lakukan ketika sedang berkumpul.

Pihak sekolah
Pihak sekolah juga memiliki peran yang penting dalam mengawasi anak didiknya. Pihak sekolah seharusnya memiliki jadwal untuk bimbingan konseling atau seminar tentang pengembangan diri kepada siswanya gar mereka tahu siapa diri mereka sebenarnya.

Lingkungan Pertemanan
Saat ini dunia teknologi menjadi sangat luas. Lingkungna untuk bergaul pun menjadi sangat luas dan tanpa batas. Berteman dengan siapapun dan dari manapun. Usia sekolah menjadi usia yang cukup rentan bagi seseorang untuk mudah terpengaruh dengan suatu lingkungan dimana mereka berada. Seorang mudah saja ikut terbawa suasana anarkis ketika mereka berada di tempat yang sama, padahal mereka sama sekali tidak ada sangkut bautnya dengan suatu masalah yang menjadi factor dari tawuran tersebut. Terkadang ketika mereka berkumpul, salah satu dari mereka tidak ikut tawuran biasanya teman-temannya yang lain akan mengejek orang tersebut dengan alasan tidak setia kawan.

Gambar 1.2

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar