Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

V-Class Interaksi Manusia dan Komputer

 1. Apa yang dimaksud dengan Interaksi Manusia dan Komputer, jelaskan dan berikan contohnya!

Jawab : interaksi manusia dan computer adalah suatu kegiatan dimana manusia melakukan interaksi dengan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan computer. Contohnya : seorang programmer menggunakan computer sebagai media dalam mengerjakan tugasnya. Membuat program menggunakan suatu bahasa pemrograman tentu harus menggunakan sebuah computer untuk menunjang kegiatannya.

  2. Apa yang dimaksud dengan User Centered Design (UCD)?
Gambar berikut ini merupakan The Tao of UCD, jelaskan dan berikan contoh maksud dari gambar di bawah ini:






Jawab : UCD adalah suatu urutan untuk menggambarkan sebuah rancangan, dengan kata lain user bertindak sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.
Maksud dari gambar di atas adalah dalam membuat sebuah tujuan perlu adanya sebuah rancangan, rancangan ini dibuat untuk mengetahui alur proses dari sebuah kegiatan yang ingin dicapai. Implementasi yang ada nantinya menjadi acuan apakah rancangan ini akan bisa diwujudkan dan dijalankan sesuai rencana atau tidak, dan yang terakhir adalah realisasi dari rencana yang dibuat, ketika semua sudah berjalan tentu akan ada hal-hal diluar rencana yang terjadi. Hal tersebut kemudian di evaluasi dan nantinya dijadikan rancangan baru untuk memajukan rancangan yang sudah ada sebelumnya.

 3. Interaksi Manusia dan Komputer terkait dengan multi disiplin ilmu, seperti ilmu komputer, psikologi, sosiologi, ergonomi, dll. Pada perancangan user interface sebuah mesin ATM, apakah ada kaitannya dengan multi disiplin ilmu tersebut, jelaskan dan berikan alasannya.

Jawab : user interface mesin ATM dibuat dengan sangat user friendly sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Dari sisi ilmu komputer, mesin atm dihubungkan oleh suatu jaringan pada komputer untuk menghubungkan tiap anjungan mesin ke server, kemudian dari sisi sosiologi mesin atm, kita dapat mengambil dari sisi perilaku masyarakat akan kebutuhan terhadap uang tunai yang dapat diambil dengan cepat dan mudah dijangkau tanpa harus datang ke bank.

1 komentar: