Pages

Minggu, 25 November 2012

Mobil Hybrid


Sederhananya, mobil hybrid adalah mobil yang berjalan dengan dua sumber tenaga, mesin yang berjalan dengan minyak dan motor yang berjalan dengan tenaga listrik. mesin hybrid berjalan dengan kombinasi dua tenaga tersebut. Kenapa harus dengan dua mesin? dengan digunakannya dua sumber tenaga tersebut, mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenaga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik. Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat ramah lingkungan. Toyota telah melangkah lebih jauh lagi dengan teknologi mobil hybrid dengan memperkenalkan Toyota plug-in Prius - generasi ketiga dari keluarga Toyota Prius. Baterai Toyota plug-in Prius bisa di charge hanya dalam 180 menit dari 100 volts atau 100 menit dari sumber 200 vots, dan dapat menempuh 20 km sebelum harus menggunakan mesin gas/minyak.

Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari motor listrik dan pembakaran di mesin, dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi kekurangannya. Hasilnya adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan performa yang luar biasa.
Sistem Hybrid yang menggabungkan motor listrik dan pembakaran di mesin menghasilkan tenaga yang berasal dari dua sumber daya. Ini berarti bahwa, mesin pembakar internal membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih sedikit untuk mencapai jarak yang sama. Berarti, kendaraan Hybrid memiliki efisiensi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Fungsi utama dari kendaraan hybrid :

• Efisiensi Bahan bakar yang lebih besar
• Emisi yang lebih rendah
• Pengurangan energi yang terbuang dan Regenerasi energi
  
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid
·         Kelebihan mobil hybrid yang perlu diketahui, selain lebih ramah terhadap lingkungan, mobil ini lebih aman karena bobotnya 10% lebih berat dibanding mobil konvensional (tambahan berat untuk komponen hybrid),sehingga akan memindah efek tumbukan penumpang ke mobil pada saat terjadi tabrakan.

·         Kekurangannya,karena suara mobil ini sangat 'silent',hal ini berbahaya untuk pejalan kaki karena kebanyakan pejalan kaki akan telat menyadari kehadiran mobil hybrid didekatnya. http://otomotif.kompas.com/
      
s
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar