Pages

Selasa, 27 November 2012

V-Class Interaksi Manusia dan Komputer : Analisis Website



Alamat Website : http://smtown.com/

·         Textual Content (Isi Tekstual)
Textual Content dari situs SMTOWN ini sudah memberikan paparan informasi yang sangat jelas dan detail. Header di situs ini merupakan Recent Info (Informasi Terkini) yang diberikan untuk mempermudah pengunjung situs memahaminya tanpa harus mencari dimana letak Recent Info tersebut. Situs ini meupakan situs internasional yang dibuat khusus dalam 2 bahasa, yaitu Korea dan Inggris. Bagi pengunjung yang tidak mengerti bahasa korea, pengunjung bisa memilih menggunakan bahasa inggris.

·         Graphis Design (Desain Grafis)
Desain grafis dari situs ini cukup menarik karena tampilan situs ini dapat dikatakan cukup simple. Tampilan header yang menggunakan flash sangat menarik karena tampilan header tersebut merupakan informasi-informasi terbaru dari situs ini. Selain itu, header menu yang ada pun sudah baik jika kita melihat dari sisi tampilannya. Marquee text pada “ARTIST” yang ada pun sangat interaktif karena kita dapat mengKlik marquee tersebut dan dengan otomatis akan berhenti. Warna pink memang mendominasi situs SMTOWN ini dikarenakan pink merupakan warna khas dari SMTOWN

·         Navigation (Navigasi-Alur Menu)
Index yang terdapat pada situs SMTOWN ini sudah terpapar dengan jelas. Recent Info yang ditampilkan dengan alur flash, kemudian penjelasan tentang NEW ALBUM, MUSIC VIDEO, ARTIST, serta hal-hal yang berhubungan dengan informasi detail dari para artis SMTOWN ini sudah terpapar dengan jelas. Fasilitas pencarian yang ada pun mempermudah kita untuk langsung menuju pada informasi yang ingin kita lihat. Misal, di ditus ini kita ingin mencari artist SUPER JUNIOR maka dengan otomatis terhubung dengan situs http://superjunior.smtown.com yang merupakan subsitus dari SMTOWN  ini. Navigasi yang ada pada situs SMTOWN ini pun sangat interaktif, misalnya pada bagian kanan situs ini terdapat keterangan “Star’s Schedule” yang apabila kita melakukan event pada tombolnya, secara otomatis akan berganti. Selain itu, pada bagian ARTIST terdapat navigasi Marquee text, dan text tersebut pun dapat kita klik.

·         Structure (Struktur Web)
Keterhubungan antara informasi yang diberikan dengan situs ini sudah sesuai karena ini merupakan situs dari SMTOWN, sebuah perusahaan entertainment di korea selatan. Di dalamnya terdapat musisi, actor, dan aktris yang tergabung. Sudah tentu situs ini pun memberikan informasi yang berhubungan dengan aktifitas terbaru mereka seperti, album baru, acara apa saja yang akan mereka hadiri, serta jadwal dari para artis tersebut. Pengunjung situs tidak perlu khawatir dengan keterbatasan bahasa, karena ini merupakan situs internasional yang memang dibuat dengan user friendly tidak hanya dari sisi tampilan, tetapi bahasa yang disediakan pun terdapat bahasa internasional yaitu bahasa inggris.

·         Link (Penghubung ke halaman lain)
Link atau penghubung ke halaman lain di situs ini berfungsi dengan sangat baik. Semua link berjalan sesuai dengan kapasitasnya. Misal, ketika kita memilih salah satu MUSIC VIDEO , dengan otomatis kita akan langsung terhubung ke halaman Official Youtube dari SMTOWN, begitu juga ketika kita memilih salah satu Official Facebook yang ada kita akan langsung terhubung ke halamn tersebut, atau ketika kita memilih salah satu Recent Info dari header yang ada, maka halamn yang kita inginkan akan langsung terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar